Sah, Sebegini Anggaran Pilkada 2024 di Solo, Terpangkas Banyak

Jumat, 06 Oktober 2023 – 19:56 WIB
Sah, Sebegini Anggaran Pilkada 2024 di Solo, Terpangkas Banyak - JPNN.com Jateng
Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti saat memberikan keterangan Pilkada Kota Suraklarta, di Solo, Jumat (6/10/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta sudah melakukan penandatanganan berita acara (BA) kesepakatan antara dengan Pemerintah Kota Surakarta terkait hibah pada anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti mengatakan hibah anggaran Pilkada 2024 di Solo disepakati sebesar Rp 28,055 miliar.

"Kesepakatan antara KPU dan Pemkot Surakarta adalah hibah, bukan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), karena kalau NPHD itu, dilakukan sebelum tahapan Pilkada 2024 diselenggarakan," kata Nurul, Jumat (6/10).

Menurut Nurul, anggaran Pilkada 2024 di Solo sudah disepakati kedua belah pihak. Artinya, baik Pemerintah Kota Surakarta maupun KPU dalam hal ini, sudah siap.

Dia mengatakan secara aturan sudah sesuai baik dengan Undang Undang, PKPU maupun Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) baik itu, yang terbaru Permendagri No.41/2020 sebagai perubahan Pemendagri No.54/2019.

"Artinya, pencarian anggaran Pilkada 2024 pencairan sekitar 40 persen dan 60 persen itu, sudah disepakati," katanya.

Dia menjelaskan jumlah anggaran Pilkada yang awalnya diajukan total seluruhnya senilai Rp 44 miliar, karena Pilkadanya Gubernur Jateng dan Wali Kota Surakarta.

Namun, lanjutnya, tidak mungkin itu dibebankan APBD Kota dan harus ada berbagi dengan APBD Provinsi Jateng.

KPU Kota Surakarta menyampaikan total anggaran Pilkada 2024 di Solo. Terpangkas banyak sekali dari total yang diajukan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News