Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Polda Jateng Giatkan Lagi Pananaman Pohon

Rabu, 15 November 2023 – 13:05 WIB
Antisipasi Bencana di Musim Hujan, Polda Jateng Giatkan Lagi Pananaman Pohon - JPNN.com Jateng
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi melakukan penanaman pohon. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengatakan, persiapan menghadapi musim hujan terus dilakukan. Salah satunya dengan penanaman pohon di daerah kritis.

Sebanyak 1,5 juta pohon telah ditanam di seluruh wilayah Jawa Tengah. Penanaman tersebut dilakukan sejak September 2021 silam.

"Kami juga memiliki program penanaman mangrove di seluruh garis pantai yang dilakukan jajaran polres. Dilakukan Oktober 2021, sebanyak 1 juta pohon ditanam dan mencetak rekor Muri," kata Irjen Luthfi seusai Bakti Sosial Tanam Pohon Serentak kerja sama Kementerian PMK di Mako K9 Ditsamapta Polda Jawa Tengah, Rabu (15/11).

Khusus hari ini, kata Irjen Luthfi, selain menanam 1 ribu pohon di lingkungan Polda Jateng, juga dilakukan penanaman 34 ribu pohon di seluruh markas komando dan asrama polres jajaran.

"Ini dilakukan agar anak cucu kita dan lingkungan terbebas dari polusi," ujarnya.

Jenderal bintang dua ini mengatakan lokasi yang terdampak kebakaran hutan juga menjadi perhatiannya untuk dilakukan reboisasi.

"Itu akan menjadi prioritas kami bersama stakeholder yang lain, akan kami lakukan program secara bersama-sama," ujarnya.

Terlebih, kata dia, menjelang musim hujan penanaman pohon dapat mengurangi dampak bencana, baik banjir maupun longsor.

Polda Jateng menggiatkan lagi penanaman pohon memasuki musim hujan untuk mengantisipasi terjadinya bencana.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News