RSUD Dr Moewardi Solo Bangun Gedung Critical Center, Dilengkapi Helipad

Kamis, 16 November 2023 – 16:25 WIB
RSUD Dr Moewardi Solo Bangun Gedung Critical Center, Dilengkapi Helipad - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat meninjau pembangunan di RSUD Dr Moewardi Solo, Selasa (14/11). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SOLO - Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) Dr. Moewardi Suarakarta saat ini sedang membangun Gedung Critical Centre dan Pelayanaan Penunjang. Gedung 14 lantai itu juga akan dilengkapi dengan helipad (landasan helikopter)

Pada Desember 2023, gedung yang berada di Jalan Kolonel Sutarto No.132 Jebres, Kota Surakarta itu ditargetkan selesai pengerjaan struktur bangunan gedungnya.

Diperkirakan pada Juli atau Agustus 2024, Gedung Critical Centre sudah bisa dioperasionalkan.

“Gedung Critical Centre sedang dalam pembangunan, ada 14 tingkat. Gedung ini untuk kegiatan-kegiatan operasi, rawat inap, ICU, dan sebagainya. Rencananya pada Juli atau agustus 2024 akan selesai dan akan diresmikan,” kata Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat meninjau pembangunan Gedung Critical Centre di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Selasa (14/11). 

Dikatakannya, pembangunan tersebut mesti dilakukan mengingat rumah sakit milik Pemprov Jateng itu perlu meningkatkan kapasitas layanan, khususnya bedah sentral.

Peningkatan kapasitas layanan dimaksudkan untuk mengurangi antrean operasi, utamanya untuk kasus bedah onkologi.

Nana membeberkan setiap hari setidaknya ada 2.000 pasien yang berobat di rumah sakit Dr. Moewardi.

Menurut dia, banyaknya pasien itu sebagai indikator adanya kepercayaan yang tinggi dari masyarakat, kepada rumah sakit tersebut. 

Ke depan, lanjut Nana, baik jajaran direksi, dokter, maupun aparatur sipil negeri (ASN) di RSUD Dr. Moewardi didorong untuk meningkatkan profesionalismenya sehingga masyarakat akan terus merasakan perbaikan layanan.

“Berikan susana yang nyaman, sejuk dan aman,” kata Nana.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. Moewardi Cahyono Hadi mengatakan berbagai strategi dilakukan agar pelayanan kepada pasien bisa dilakukan dengan maksimal.

“Jadi bagaimana mengatur supaya pasien mulai dari pendaftaran, pemeriksaan dokter, pemeriksaan laboratorium, sampai pada pemberian obat," tuturnya.

Proses berobat jalan diupayakan bisa selesai dalam waktu 1,5 jam. Upaya mengurangi antrean, bahkan dilakukan dengan memberikan layanan mengantar obat secara gratis, khusus bagi pasien di Surakarta.

"Kalau tidak cepet-cepet pulang, rumah sakit akan penuh. Kemudian kami juga meningkatkan tata kelola rumah sakit, seperti perbaikan sistem, digitalisasi, layanan sub spesialistik, perhitungan unit cost, dan kinerja," kata Cahyono.(mcr21/jpnn)

RUSD Dr. Moewardi Solo saat ini sedang membangun Gedung Critical Centre. Gedung itu akan dilengkapi dengan helipad (landasan helikopter)

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News