UMK Kota Solo 2024 Diprediksi Naik Sebegini

Rabu, 22 November 2023 – 23:16 WIB
UMK Kota Solo 2024 Diprediksi Naik Sebegini - JPNN.com Jateng
Dewan Pengupahan Kota Surakarta telah mengusulkan upah minimum kota (UMK) 2024 ke Gibran Rakabuming Raka. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Ketua Dewan Pengupahan Kota Surakarta Widyastuti Pratiwiningsih mengatakan pihaknya telah mengusulkan upah minimum kota (UMK) 2024 ke Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

"Kami sudah menyerahkan angka UMK untuk Kota Solo dengan beberapa perhitungan yang disesuaikan dengan regulasinya, yaitu di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023," katanya, Rabu (22/11).

Kaitannya dengan hal tersebut, kata dia, untuk penentu atau indikatornya ada di inflasi atau di angka alfa.

"Kemudian ada di pertumbuhan ekonomi dan UMK tahun berjalan," ujarnya

Menurut dia, UMK di Kota Solo akan naik jadi Rp2.197.169, yang sebelumnya Rp 2.174.169 per bulan.

"Besaran UMK tahun ini juga jadi pengali," katanya.

Selanjutnya, lebih lanjut, yang menjadi pertimbangan adalah tingkat produktivitas Kota Surakarta lebih tinggi dibandingkan tingkat produktivitas Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, pihaknya mencatat tingkat penurunan pengangguran terbuka di Kota Solo menurut Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2023 lebih rendah dari provinsi, yakni di angka 4,58 persen, sedangkan provinsi di angka 5,13 persen.

Dewan Pengupahan Kota Surakarta telah mengusulkan upah minimum kota (UMK) 2024 ke Gibran Rakabuming Raka.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News