Sekda Jateng Bicara Peran Besar Guru, Mampu Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul

Minggu, 26 November 2023 – 15:30 WIB
Sekda Jateng Bicara Peran Besar Guru, Mampu Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul - JPNN.com Jateng
Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendorong peran guru dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno menilai guru juga mempunyai andil besar dalam kebangkitan serta kemajuan suatu bangsa.

"Sangat besar peran guru, karena mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya," ujar Sumarno saat menghadiri malam resepsi dalam Rangkap Hari Guru Nasional (HGN) Provinsi Jateng, di SMKN 1 Semarang, Sabtu (25/11) malam.

Sumarno menyebut di usia yang ke-78, profesi guru juga mempunyai peran penting dalam kemajuan dan kebangkitan suatu bangsa.

Dia mencontohkan pasca-pengeboman di Hirosima, kemudian Kaisar Jepang mengumpulkan rakyat dan menanyakan berapa jumlah guru yang masih ada. Sehingga Jepang yang luluh lantak oleh bom dapat cepat bangkit karena peran besar guru.

"Kita juga melihat sejarah bangsa kita, bahwa peran guru sangat luar biasa. Bahkan, mayoritas pejuang dan pahlawan Indonesia merupakan orang-orang yang mengenal dan mempunyai pendidikan yang tinggi," kata dia.

Sumarno berharap, peringatan Hari Guru Nasional ke-78 menjadi momentum untuk instropeksi dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan Jateng.

Termasuk bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan meningkatkan kinerja dalam rangka mendidik generasi bangsa yang berkualitas.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendorong peran guru dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News