Menjelang Kampanye, Pemprov Jawa Tengah Deklarasi Pemilu Damai

Senin, 27 November 2023 – 11:53 WIB
Menjelang Kampanye, Pemprov Jawa Tengah Deklarasi Pemilu Damai - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menjelang tahapan kampanye, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menggelar deklarasi damai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bersama stakeholder wilayah setempat.

Deklarasi yang dihadiri oleh Forkompimda, pimpinan partai politik, penyelenggara pemilu, tokoh agama, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, dan berbagai komunitas itu dilaksanakan di GOR Jatidiri, Semarang, pada Minggu (26/11).

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan pemilu di Jawa Tengah diharapkan tercipta secara damai, dan aman.

"Kami harapkan partisipasi masyarakat untuk hadir ketika pelaksanaan pemilu atau pada saat pemungutan suara nanti," kata dia.

Nana menegaska, cartur satya (empat poin) deklarasi pemilu damai tersebut agar disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk unsur yang terlibat dalam pemilu. Para tokoh agama dan tokoh masyarakat juga diminta turut mensosialisasikan isi deklarasi tersebut.

"Kami juga minta kepada pimpinan partai untuk mengimplementasikan (deklarasi pemilu damai), agar pelaksanaan tahapan ke depan, yakni kampanye, kemudian hari tenang, dan pemungutan suara dapat berjalan dengan damai sesuai dengan yang kita harapkan," katanya.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan deklarasi pemilu damai ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata. Itu merupakan wujud cooling system yang diciptakan agar pemilu damai dapat terwujud.

"Deklarasi ini tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga di tingkat kabupaten/kota, kecamatan, para tokoh , dan semua komunitas sudah kita laksanakan. Upaya semua lini kita upayakan sehingga Jateng di bawah kendali Pj Gubernur, kita TNI-POLRI dan Kejaksaan akan mensupport pelaksanaan pemilu," ujarnya.

Pemprov Jateng menggelar deklarasi damai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bersama stakeholder wilayah setempat.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News