Polda Jateng Panggil Seluruh Kades di Karanganyar, IPW Khawatir Ada Muatan Politik

Senin, 27 November 2023 – 20:00 WIB
Polda Jateng Panggil Seluruh Kades di Karanganyar, IPW Khawatir Ada Muatan Politik - JPNN.com Jateng
Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso. Foto: Fathan/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kepala desa (kades) di Kabupaten Karanganyar.

Pemeriksaan itu merupakan tindak lanjut dari aduan masyarakat soal dugaan korupsi yang dilakukan kades se-Kabupaten Karanganyar.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan pihaknya mempertanyakan permintaan keterangan secara serempak terhadap seluruh kades tersebut oleh Polda Jateng.

"Ini baru pertama kali terjadi Polda memanggil serentak seluruh kades dalam kaitan pertanggungjawaban dana desa," katanya, Senin (27/11).

Dia mengatkan pemanggilan ini menimbulkan kejanggalan, apalagi menjelang Pemilu 2024, dan Jawa tengah yang menjadi sasaran pemeriksaan adalah kantong suara PDIP.

"Dikhawatirkan ada penilaian politis dalam pemeriksaan oleh Polda Jateng," ujarnya.

Kejanggalan yang dia temukan salah satunya adalah mengenai surat pemberitahuan klarifikasi adanya dugaan korupsi oleh kades tidak langsung diberikan kepada yang bersangkutan.

Ditreskrimsus Polda Jateng justru melayangkan surat panggilan itu melalui kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karanganyar.

IPW khawatir adanya muatan politik soal pemanggilan dan pemeriksaan terhadap seluruh kades di Karanganyar oleh Ditreskrimsus Polda Jateng.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News