Layani Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Resmikan SPKLU di Purwokerto

Rabu, 29 November 2023 – 21:09 WIB
Layani Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Resmikan SPKLU di Purwokerto - JPNN.com Jateng
PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Purwokerto, Banyumas. Foto: PLN

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Pengguna kendaraan listrik di sejumlah daerah kian bertambah dari hari ke hari, termasuk Jawa Tengah. Untuk itu, PLN membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah daerah, salah satunya di Purwokerto, Banyumas.

General Manager PLN UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, M. Soffin Hadi mengatakan pekan lalu, (22/11), pihaknya telah meresmikan SPKLU di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Purwokerto Kota.

Menurutnya, langkah ini sebgai wujud komitmen PLN dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission 2060.

Terletak di tengah Kota Purwokerto yang merupakan jalur transportasi strategis yang menghubungkan kota besar di pantai selatan Jawa, SPKLU ini diyakini mampu memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik di Purwokerto dan sekitarnya terkait akses penyediaan bahan bakar listrik di tempat umum.

"SPKLU ini dilengkapi dengan dua unit charger mobil listrik dengan kapasitas Ultra Fast Charging 200 KW, tipe DC 200 kW dengan dua unit colokan tipe Charger CCS2 dan AC 22 kW dengan satu unit colokan tipe charger AC Type 2 yang dapat mengisi daya kendaraan listrik hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit," katanya, Rabu (29/11).

Dia menambahkan hingga Oktober PLN telah membangun sebanyak 31 SPKLU dengan 45 unit EV charger yang terpasang dan tersebar di 22 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah dan DIY.

"SPKLU ini bukan hanya fasilitas pengisian kendaraan listrik, tetapi juga sebagai kontribusi positif mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan mobilitas yang berkelanjutan buat masyarakat," katanya.

Perwakilan PJ Bupati Banyumas Sulistiyono mengapresiasi PLN atas upayanya mengurangi jejak karbon, meningkatkan kualitas udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

Pengguna kendaraan listrik di Purwokerto dan sekitarnya tak perlu cemas lagi. PLN sudah resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News