Dikhawatirkan Stres, 6 Napi Lapas Nusakambangan Dapat Konseling

Kamis, 12 Mei 2022 – 14:03 WIB
Dikhawatirkan Stres, 6 Napi Lapas Nusakambangan Dapat Konseling - JPNN.com Jateng
Salah seorang WBP mengikuti kegiatan konseling yang dilaksanakan di Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-Lapas Karanganyar

jateng.jpnn.com, CILACAP - Para narapidana di Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mendapat konseling.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Riko Purnama Candra mengatakan konseling itu diberikan sebagai salah satu bentuk pelayanan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lapas yang menerapkan sistem pengamanan supermaksimum itu.

"Kegiatan konseling bagi enam WBP Lapas Karanganyar dengan melibatkan psikolog dari RSUD Cilacap," katanya, Kamis (12/5)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Konseling dengan pengawalan penuh dari Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Binadik) dan Tim Tanggap Darurat Lapas Karanganyar.

Riko mengatakan kegiatan konseling tersebut ditujukan untuk menurunkan tingkat stres warga binaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan mereka.

"Konseling menjadi kebutuhan yang wajib kami berikan kepada warga binaan sebagai bentuk pelayanan terhadap mereka," katanya menjelaskan.

Menurut dia, hasil konseling yang diperoleh psikolog selanjutnya dikoordinasikan dengan Tim Medis Lapas Karanganyar dalam rangka perlakuan lebih lanjut kepada WBP yeng bersangkutan.

"Inilah pentingnya konseling dan kerja sama dengan pihak yang berkompeten. Ke depan, kegiatan ini diharapkan dapat terlaksana secara berkelanjutan demi kebaikan warga binaan," kata Plt Kalapas.(antara/jpnn)

Sejumlah napi Lapas Nusakambangan mendapat konseling. Plt Kalapas khawatir mereka stres.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News