Terkuak Dalang di Balik Konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes, Ternyata

Sabtu, 11 Juni 2022 – 04:00 WIB
Terkuak Dalang di Balik Konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes, Ternyata - JPNN.com Jateng
Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto. Foto: Humas Polres Brebes

jateng.jpnn.com, BREBES - Jajaran Polres Brebes terus menelusuri aktivitas Khilafatul Muslimin pascakonvoi ajakan mendirikan khilafah yang berpotensi makar pada Minggu (29/5) lalu.

Satu orang berinisial AJ ditetapkan sebagai tersangka baru karena terlibat dalam konvoi Khilafatul Muslimin yang terjadi di Jalan Desa Keboledan, Wanasari, Brebes.

Polisi menyampaikan AJ merupakan Amir Khilafatul Muslimin wilayah Cirebon Raya. Dia disangka menjadi dalang di balik peristiwa konvoi menggunakan sepeda motor.

AJ menjadi tersangka ke empat setelah tiga pengurus Khilafatul Muslimin, yaitu GZ, AS dan DS yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka pada Senin (6/6).

"Dia terbukti memerintahkan melakukan kegiatan konvoi kendaraan roda yang dilakukan Jemaah Khilafatul Muslimin Brebes," kata Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Jumat (10/6).

Sebelum konvoi, AJ mengumpulkan para Ummul Quro Khilafatul Muslimin Brebes di tokonya kemudian menentukan waktu dan konsep konvoi.

Ketika berlangsung konvoi, kelompok Khilafatul Muslimin diselipi dengan penyebaran berita bohong dan berpotensi makar dengan mengajak masyarakat untuk mendirikan khilafah.

Barang bukti yang diamankan yaitu sebuah handphone dan foto kegiatan hasil tangkapan layar dari handphone AJ pada Kamis (26/6) lalu.

Polisi kembali menetapkan satu tersangka atas peristiwa konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes. Dalangnya tertangkap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News