300 Dalang se-Indonesia Berkumpul di Klaten, Pentaskan Lakon Wahyu Keprabon untuk Ganjar

Minggu, 03 September 2023 – 21:00 WIB
300 Dalang se-Indonesia Berkumpul di Klaten, Pentaskan Lakon Wahyu Keprabon untuk Ganjar - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Ketua Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia Ki Gondo Wartoyo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KLATEN - Sebanyak 300 dalang se-Indonesia berkumpul dan mementaskan lakon "Wahyu Keprabon" dalam satu panggung di Pendopo Saestu, Klaten, Sabtu (2/9) malam.

Pagelaran ini sebagai ungkapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jelang masa purna tugasnya.

Lakon "Wahyu Keprabon" mengisahkan Gatotkaca kecil digembleng di kawah candradimuka sehingga pada masa dewasanya menjadi ksatria dan diangkat menjadi ratu atau raja Pringgodani.

Pagelaran diawali dengan penyematan ikat kepala dari para dalang kepada Ganjar. Itu menandakan jalinan ikatan yang erat antara Ganjar dan para dalang.

Ketua Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia, Ki Gondo Wartoyo mengatakan bahwa Ganjar telah memperhatikan lebih terhadap wayang kulit dan kesenian lainnya.

Dari latar belakang itu, 300-an dalang di antaranya dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Bali dan Batam menggelar pertunjukan semalam suntuk.

"Ini pagelaran kolaborasi wayang kulit, wayang orang dan wayang golek. Kami persembahkan sebagai rasa maturnuwun (terimakasih) kepada Pak Ganjar, dan doa kami sebagai beliau bisa mengemban tugas selanjutnya (jadi Presiden, red)," ujarnya.

Menurutnya, politikus berambut putih itu telah tuntas menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur di Jawa Tengah dengan baik.

Pagelaran wayang sebagai ungkapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jelang masa purna tugasnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News