Rajamala Dipilih Jadi Maskot APG XI, Begini Penjelasan Gibran

Jumat, 10 Juni 2022 – 15:14 WIB
Rajamala Dipilih Jadi Maskot APG XI, Begini Penjelasan Gibran - JPNN.com Jateng
Maskot APG XI (atas) dan Logo APG XI (bawah), Jumat (10/06/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Panita ASEAN Para Games (APG) XI resmi meluncurkan logo dan maskot kejuaraan tersebut di Jawa Tengah, Jumat (10/06).

Khusus untuk penyelenggaraan event itu, Tim kreatif APG XI membuat maskot berbentuk Rajamala.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Jumat (10/06) siang, Rajamala dikenal sebagai sosok tiada tanding dan disimbolkan sebagai kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif.

Selain itu, Rajamala juga menjadi pusaka keraton berbentuk Canthik yang melambangkan kebesaran Keraton Surakarta. 

Sementara itu, bentuk-bentuk artistik dalam logo APG XI kental dengan nuansa Indonesia dengan adanya keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa Hanacaraka yang terpampang.

Bentuk itu, menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan serta tekad bulat untuk tumbuh.

Layaknya sebuah pohon yang terus tumbuh dan berguna, menjadi harapan yang akan membawa dampak positif bagi kehidupan bahkan setelah dunia harus menghadapi pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Ketua Ketua INASPOC (Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee) Gibran Rakabuming Raka menuturkan, Logo 11th ASEAN Para Games 2022 mampu menggambarkan kombinasi atas segala aspek yang mewakili semangat perjuangan serta kekuatan dalam mewujudkan terselenggaranya pesta olah raga Asia Tenggara untuk atlet-atlet penyandang disabilitas. 

Panita ASEAN Paragames (APG) XI resmi meluncurkan logo dan maskot APG XI. Gibran Rakabuming Raka ungkap maknanya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News