Kader PDIP Solo Akan Laporkan Ketua KPU Solo ke DKPP, Ada Apa?

Selasa, 08 Oktober 2024 – 10:19 WIB
Kader PDIP Solo Akan Laporkan Ketua KPU Solo ke DKPP, Ada Apa? - JPNN.com Jateng
Ketua KPU Surakarta Bambang Christanto. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Dua kader PDI Perjuangan Kota Solo berencana menyeret Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta Bambang Christanto ke Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP). Alasannya, Bambang diduga berusaha ikut campur urusan PDI Perjuangan. 

“KPU merupakan wasit, tetapi dia juga sekaligus berusaha untuk menjadi official. Ini jelas-jelas melanggar kode etik penyelenggara pemilu,” kata Muchus Budi Rahayu, Ketua Bidang Analisa dan Strategi Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kota Solo, Senin (7/10).

Muchus menyebut bentuk campur tangan Bambang dalam urusan partainya adalah memberikan informasi palsu kepada sejumlah pengurus struktural partainya.

Informasi tersebut ditengarai memiliki motif agar PDI Perjuangan tidak solid karena informasinya mengandung fitnah dan adu domba agar terjadi saling curiga di antara para kader. 

“Bambang menyampaikan informasi kepada Wakil Ketua DPC Suharsono dan Wakil Sekretaris Budi Prasetyo bahwa ada dua orang kader PDI Perjuangan yang menjual data dan strategi partai ke pihak tertentu. Informasi tersebut disampaikan di ruang kerja Ketua KPU. Sebelumnya di kesempatan berbeda, informasi yang sama juga disampaikan Bambang kepada Ketua Tim Pemenangan Pilkada YF Sukasno. Bahkan ke Pak Kasno, Bambang menyebut informasinya A-1,” jelas Muchus.

Tidak hanya itu, Bambang kepada Suharsono, Budi Prasetyo dan YF Sukasno menyebut dua nama yang dikatakan menjual data dan strategi partai ke pihak lawan, yakni Muchus Budi Rahayu dan Imron Rosyid. 

“Informasi firnah ini membuat suasana di internal partai menjadi tidak nyaman karena muncul rasa curiga dan tidak percaya satu sama lain. Padahal saat ini masa kampanye yang tentu kesoliditasan tim sangat penting,” tambah Muchus.

Karena tidak memercayai informasi yang disampaikan Bambang, ketika kader senior PDI Perjuangan tersebut membawa informasi tersebut ke Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo. 

Dua kader PDI Perjuangan Kota Solo berencana menyeret Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta Bambang Christanto ke DKPP
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News