Mangkunegara X Sampaikan Sabdadalem Pertama & Ucapkan 6 Sumpah, Ini Isinya

Sabtu, 12 Maret 2022 – 17:11 WIB
Mangkunegara X Sampaikan Sabdadalem Pertama & Ucapkan 6 Sumpah, Ini Isinya - JPNN.com Jateng
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X melalui acara pengukuhan di Pura Mangkunegaran Surakarta, Sabtu (12/3/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkoenagoro (KGPAA) X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menyampaikan Sabdadalem pertamanya, Sabtu (12/03). 

Bhre menyampaikannya setelah melakoni prosesi pengukuhan sebagai KGPAA X. 

Dalam Sabdadalemnya atau pidato resminya itu, Bhre menyoroti tentang kebudayaan Jawa. Khususnya, kebudayaan yang ada di Pura Mangkunegaran. 

Ia mengatakan Pura Mangkunegaran telah melalui perjalanan sejarah yang penuh pasang surut dan selalu berpegang teguh pada prinsip sateguh sauyub, bersatu teguh dalam kebinekaan. 

Mangkunegaran hingga saat ini masih dikenal sebagai pusat budaya, sastra, dan falsafah bangsa. 

"Saya menyadari bahwa Pura Mangkunegaran memiliki warisan budaya luhur yang tidak serta merta, dapat diturunkan secara biologis," katanya. 

Meskipun demikian, Mangkunegara X yang masih berusia 25 tahun itu bakal berusaha menjalankan budaya tersebut sehingga dapat diwariskan pada generasi yang akan datang dengan tetap menganut prinsip tridharma. 

"Bersama-sama kami memegang teguh amanah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya tersebut, beserta nilai-nilainya. Tidak hanya bagi Pura Mangkunegaran, tetapi juga masyarakat luas," lanjut dia. 

Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menyampaikan Sabdadalem pertamanya dan 6 sumpah yang akan dilaksanakan. Ini isinya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News