Mangkunegara X Segera Pimpin Sejumlah Tradisi Besar, Apa Saja?

Rabu, 16 Maret 2022 – 08:00 WIB
Mangkunegara X  Segera Pimpin Sejumlah Tradisi Besar, Apa Saja?  - JPNN.com Jateng
Pendhapi Utama Pura Mangkunegaran Solo, Selasa (15/03/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.jpnn

jateng.jpnn.com, SOLO - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang kini bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X bakal memimpin sejumlah tradisi besar dalam waktu dekat.

"Agenda pertama setelah jumenengan adalah wilujengan ruwahan Pura Mangkunegaran. Akan digelar, Kamis (17/3) malam," ujar Wedana Satriyo KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, ditemui di Pura Mangkunegaran, Selasa (15/3).

Dalam tradisi Mangkunegaran, wilujengan ruwahan sama halnya dengan nyekar atau sadran sebelum datangnya Ramadan.

Kendati demikian, kata dia, KGPAA Mangkunegara X tidak boleh mengikuti tradisi sadran lagi. Acara itu hanya akan memberangkatkan utusan dari Pura Mangkunegaran ke makam-makam Mataram.

Lilik menyampaikan Bhre Cakrahutomo hanya akan mengikuti proses tradisi wilujengan ageng di wilayah Pura Mangkuneran saja.

Bhre akan melihat prosesi yang rencananya dihelat di Pendhapi Pura Mangkunegaran.

"Setelah menyaksiakan, Gusti Bhre secara simbolis memberikan bunga untuk disebar ke seluruh makam-makam Mataram dan penggawa. Jadi nanti sampai ke Imogiri, Kota Gede, Wonogiri dam semua trah," jelas dia

Dalam tradisi wilujengan ageng akan ada prosesi ambengen di pendopo dan di selatan akan ada abdi dalem yogis woro yang menghadap ke dalam atau berhadapan dengan KGPAA Mangkunegara X.

Bhre Cakrahutomo bergelar KGPAA Mangkunegara X bakal memimpin sejumlah tradisi besar dalam waktu dekat. Ini rentetan agendanya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News