Airlangga Minta Tolong Gibran Jadi Mediator Konflik Keraton Surakarta

Jumat, 16 September 2022 – 23:59 WIB
Airlangga Minta Tolong Gibran Jadi Mediator Konflik Keraton Surakarta - JPNN.com Jateng
Menteri Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka setelah menghadiri acara Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jumat (16/09/2022) sore. Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Menteri Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto menilai Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki dua sumber kebudayaan Jawa untuk mengembangkan pariwisata. Kedua kekuatan itu adalah Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

"Kalau pesawat itu Solo punya twin engine (dua mesin), satu Mangkunegaran dan satu Kasunanan. Sebelum ada Indonesia sejarahnya ada di situ," katanya dalam forum diskusi Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jumat (16/09) sore.

Menurutnya, pariwisata berbasis kebudayaan di Solo makin eksis berkat kekompakan antara Mangkunagoro (MN) X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Oleh sebab itu, Airlangga meminta Gibran untuk melakukan hal serupa dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Dia mengatakan pemerintah pusat sedang mendorong pengembangan pariwisata berbasis kebudayaan di Kota Solo dengan banyak menyelenggarakan event salah satunya adalah G20.

"Kebudayaan di Solo ini, kan, banyak, mungkin Pak Wali boleh nitip-nitip juga Keraton Surakarta ditengok-tengok sedikit Pak. Saya tahu tidak sederhana, kalau dirapihin tambah rapi Pak," ujarnya.

Kedatangan Ketua Umum Partai Golkar itu ke Solo tidak terlepas dari statusnya yang memiliki trah atau garis keturunan dari Pura Mangkunegaran. Airlangga memiliki darah dari Ki Ageng Gribig dan MN VII.

"Kalau srawung, kan, di sini menyelenggarakan dalam bentuk bincang-bincang. Tentunya kekeluargaan itu kami melihat amanah dari kakek itu apa. Salah satunya melanjutkan tradisi Yaa Qowiyyu yang ada di Jatinom, Klaten," katanya.

Airlangga Hartarto meminta Gibran Rakabumin Raka bisa menjadi mediator konflik di dalam internal Keraton Surakarta.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News