Juru Parkir di Solo Maju Jadi Caleg, Modalnya Kepercayaan Diri

Senin, 15 Mei 2023 – 21:53 WIB
Juru Parkir di Solo Maju Jadi Caleg, Modalnya Kepercayaan Diri - JPNN.com Jateng
Aleg Wahyudi bertemu dengan wartawan di Solo, Senin (15/5/2023). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Juru parkir di Alun-alun Kidul Kota Solo Aleg Wahyudi mendaftarkan diri menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dia menjajal peruntungan di dunia politik untuk menjadi anggota di DPRD Kabupaten Karanganyar.

Aleg yang kini berusia 40 tahun itu mengatakan niatnya masuk menjadi anggota legislatif, karena ingin membuka dunia kerja bagi anak muda.

"Sekarang, kan, agak sulit cari lapangan kerja, jadi bisa dengan usaha mikro, kecil. Jadi UMKM. Kalau saya jadi maka saya akan buka dunia kerja UMKM, kami cari lokasi kemudian usaha bareng di situ," katanya yang biasa menjadi juru parkir dari pukul 16.00-22.00 WIB.

Dia berharap anak muda bisa lebih kreatif melalui dunia usaha.

"Banyak yang lulus SMA, kemudian yang ingin SMA terpaksa hanya berhenti di SMP. Itu, kan, susah cari kerja. Nah, ini ada perwakilan di dewan," jelasnya.

Maju menjadi caleg, kata dia, hanya bermodal kepercayaan diri dan niat. Pasalnya Aleg sama sekali tidak memiliki modal uang.

Niat dan kepercayaan diri, lanjutnya, dia dapatkan seusai berkomunikasi dengan anggota DPRD Kota Surakarta dari Fraksi PSI Antonius Yogo Prabowo yang pada pileg mendatang akan maju ke tingkat provinsi.

"Dia (Yogo, red) mengatakan ke saya maju tanpa modal, tanpa uang, dengan cara face to face, ayo ketemu, ngobrol bareng. Ayo gimana caranya majukan anak-anak muda. Oleh karena itu, saat ini saya sudah masuk ke komunitas anak muda," katanya.

Ketua DPD PSI Kabupaten Karanganyar Landri Sumarmo membenarkan Aleg menjadi salah satu dari 19 bacaleg PSI yang sudah mendaftar ke KPU. Terkait hal itu, pihaknya membuka peluang bagi semua kalangan dan semua unsur yang punya visi misi sama.

"Dia memang sebagai jukir di Alun-alun Kidul. Harapannya beliau bisa menyuarakan kelompok masyarakat bawah seperti PKL (pedagang kali lima), pengunjung keraton. Memang di lingkungannya cukup aktif," katanya.

Sementara itu, pada Pemilihan Legislatif 2024 Kabupaten Karanganyar PSI menargetkan sebanyak lima kursi, yakni satu kursi dari setiap dapil. (antara/jpnn)

Juru parkir di Alun-alun Kidul Kota Solo Aleg Wahyudi mendaftarkan diri menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News