Gerindra Jateng Bicara Humanisme Soal Insiden di Desa Wadas, Semua Harus Menyimak

Selasa, 15 Februari 2022 – 21:00 WIB
Gerindra Jateng Bicara Humanisme Soal Insiden di Desa Wadas, Semua Harus Menyimak - JPNN.com Jateng
Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputro (ANTARA/ I.C.Senjaya)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Tengah menyerukan langkah humanis yang harus ditempuh pemerintah daerah dalam proyek pembangunan Bendungan Bener, Purworejo.

Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro mengatakan pemerintah daerah seyogyanya memiliki kajian mendalam terkait pembangunan bendungan tersebut.  Terlebih, pembangunan Bendungan Bener masuk kategori proyek strategis nasional (PSN).

Menurutnya, proyek tersebut memiliki dampak untuk kesejahteraan masyarakat bila langkah yang diambil mengedepankan humanisme.

"Ada proyek PSN itu tujuannya baik, untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, untuk menuju kebaikan itu harus dengan cara-cara yang elegan," kata Sriyanto kepada JPNN.com, belum lama ini.

Sriyanto menuturkan pemerintah daerah tidak boleh lepas tangan adanya PSN yang berada di bawah langsung pemerintah pusat.
Baginya, kendali kepala daerah sangat mempengaruhi mulusnya pembangunan bendungan agung tersebut.

"Ketika menjadi program strategis nasional maka pejabat di daerah juga ikut bertanggung jawab, mestinya ada deteksi dini entah gubernur, bupati, camat, kepala desa, RT, atau RW," tuturnya.

Terkait adanya konflik yang sempat mencuat beberapa hari lalu, pihaknya menyayangkan lambatnya respons pemerintah daerah.

"Misalkan ada yang menolak diberikan pemahaman. Kalaupun menerjunkan aparat secara humanis kan bisa," kata Sriyanto.

Gerindra Jateng menyerukan langkah humanis yang harus ditempuh pemerintah daerah dalam penambangan batuan andesit di Desa Wadas untuk proyek Bendungan Bener.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News