Alhamdulillah, Jumlah Penerima Insentif Guru Agama di Jawa Tengah Bakal Ditambah

Rabu, 16 Februari 2022 – 05:06 WIB
Alhamdulillah, Jumlah Penerima Insentif Guru Agama di Jawa Tengah Bakal Ditambah - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen akan menambah jumlah penerima guru agama penerima insentif pada 2023 mendatang.

Ia mengatakan bahwa saat ini sudah ada sebanyak 211.455 guru agama menerima dana insentif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). 

Menurutnya, jumlah tersebut akan ditambah sebanyak 20 ribu orang pada tahun depan. 

"Rencana kami akan meningkatkan jumlah penerima insentif pada 2023. Kami mengusulkan dan saat ini dalam tahap pembahasan. Nanti kami minta  Kementerian Agama (Kanwil Jateng) yang menjadi mitra kerja kami untuk melakukan pendataan," kata Taj Yasin di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Selasa (15/2).

Wagub mengatakan verifikasi dan validasi data calon penerima insentif dari Pemprov Jateng sebesar Rp 100 ribu per bulan yang disalurkan setiap tiga bulan sekali tersebut penting dilakukan.

Langkah itu, kata dia, dilakukan untuk mencegah adanya kesalahan data, termasuk pembaruan data penerima insentif yang telah meninggal dunia, pindah tempat tugas, dan sebagainya.

Adanya penerima insentif yang meninggal dunia dan pindah tugas pada 2021 telah mempengaruhi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sekitar Rp 500 juta.

Sebab, lanjut dia, sesuai peraturan bahwa penerima insentif tidak dapat diwakilkan. Secara otomatis dana tersebut tidak dapat tersalurkan kemudian masuk SILPA.

Kabar baik buat guru agama di Jawa Tengah. Jumlah penerima insentif guru agama bakal ditambah tahun depan. Sebegini jumlahnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News