Cara Pemkab Purbalingga Tingkatkan Produksi Pertanian, Dari Regenerasi hingga Bantuan Alsintan

Sabtu, 22 Januari 2022 – 22:00 WIB
Cara Pemkab Purbalingga Tingkatkan Produksi Pertanian, Dari Regenerasi hingga Bantuan Alsintan - JPNN.com Jateng
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. ANTARA/HO-Humas Pemkab Purbalingga

jateng.jpnn.com, PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus mengoptimalkan berbagai program strategis guna meningkatkan produksi pertanian serta menggerakkan perekonomian lokal.

"Pemkab Purbalingga memiliki program strategis guna menunjang produktivitas pertanian, salah satunya terkait penyediaan alat dan mesin pertanian untuk kelompok tani," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sabtu (22/1).

Bupati menjelaskan bahwa pihaknya melalui dinas terkait memiliki program bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang dapat diakses petani.

"Jika kelompok tani ingin mengaksesnya dapat dilakukan dengan cara pengajuan proposal dari gabungan kelompok tani atau gapoktan kepada bupati dan ditembuskan ke Dinas Pertanian," katanya.

Selain bantuan alsintan, Pemkab Purbalingga juga memiliki program bantuan benih buah atau sayur yang dapat dimanfaatkan oleh petani.

"Selain itu, terdapat juga program pembangunan infrastruktur pertanian berupa irigasi atau jalan usaha tani dan berbagai program lainnya," katanya.

Terkait hal itu Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengajak para petani di wilayah setempat untuk mengoptimalkan penggunaan alat dan mesin pertanian guna meningkatkan produksi serta mendukung modernisasi pertanian.

"Dengan adanya modernisasi pertanian yang ditandai dengan keberadaan alat dan mesin pertanian, maka perlu dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayah Purbalingga," katanya.

Pemkab Purbalingga terus menupayakan peningkan produksi pertanian. Sejumlah program unggulan siap direalisasikan.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News