Jelang Libur Nataru, Pemprov Jateng Minta Masyarakat Lengkapi Vaksin Booster

Kamis, 14 Desember 2023 – 14:05 WIB
Jelang Libur Nataru, Pemprov Jateng Minta Masyarakat Lengkapi Vaksin Booster - JPNN.com Jateng
Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meminta kabupaten/kota melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan seiring merebaknya kembali Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sumarno menyampaikan koordinasi dengan bupati/wali kota itu meliputi upaya-upaya yang pernah dilakukan dalam penanganan Covid-19.

"Ini hanya untuk mengingatkan teman-teman kembali, untuk siap lagi menghadapi masalah covid ini," katanya seusai menghadiri Rapat Koordinasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional di Kantor BPSDMD Jateng, Rabu (13/12).

Pihaknya mengajak masyarakat melengkapi vaksinasasi dengan booster, seiring dengan kembali munculnya kasus virus korona.

Berdasarkan pengamatannya, tingkat risiko terjangkit Covid-19 saat ini lebih rendah. Pasalnya, tidak sampai masuk rumah sakit. Mereka yang terjangkit, rata-rata karena belum melengkapi vaksinasi.

"Catatan dari Kemenkes bahwa kebanyakan yang terkena itu belum booster. Ini mumpung dari pemerintah masih menyelenggarakan gratis, maka masyarakat yang belum booster, kita dorong untuk booster," tuturnya.

Dia mengakui potensi mobilisasi orang akan terjadi selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Kendati demikian, pihaknya belum bisa mengeluarkan kebijakan pembatasan perjalanan.

Kini, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan jika sudah ada hasil assesment yang menyatakan bahwa harus dilakukan pembatasan perjalanan. (mcr5/jpnn)

Pemprov Jateng meminta kabupaten/kota melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan seiring merebaknya kembali Covid-19.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News