Gempa Bumi M 4,5 Guncang Tegal Jawa Tengah, Terasa Sampai Cirebon

Jumat, 15 Desember 2023 – 23:21 WIB
Gempa Bumi M 4,5 Guncang Tegal Jawa Tengah, Terasa Sampai Cirebon - JPNN.com Jateng
Ilustrasi gempa bumi. FOTO: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jateng.jpnn.com, TEGAL - Gempa bumi tektonik magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (15/12) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan episenter gempa terletak pada koordinat 7.15 LS (lintang selatan) dan 108.86 BT (bujur timur) itu terjadi sekitar pukul 21.24.

Kepala Stasiun Geofiska Banjarnegara Hery Susanto Wibowo menyampaikan gempa tektonik berlokasi di 34 kilometer barat daya Kabupaten Tegal. Lokasi gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Hery, dalam keterangan tertulis.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan hingga di wilayah Cirebon.

"Skala Intensitas III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu di Tegal, Brebes, Banjar," katanya.

Hery menyebut, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujar Hery.

Berdasarkan hasil monitoring hingga pukul 21.50, pihaknya belum menemukan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Gempa bumi tektonik magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (15/12) malam.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News