Pemkot Surakarta Antisipasi Lonjakan Wisatawan Saat Nataru

Senin, 18 Desember 2023 – 02:30 WIB
Pemkot Surakarta Antisipasi Lonjakan Wisatawan Saat Nataru - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Para pengunjung di Masjid Sheikh Zayed Solo, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemkot Surakarta memprediksi akan ada kepadatan 14 juta kendaraan turis/wisatawan yang datang ke Solo pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan sudah menerima kajian terkait kepadatan lalu lintas pada periode libur akhir tahun.

"Dari hasil kajian tersebut diperkirakan akan ada sekitar 14 juta kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah pada periode Natal dan Tahun Baru 2023," katanya, Minggu (17/12).

Lebih lanjut, sedangkan untuk titik-titik tujuan para pengunjung ini utamanya di objek wisata dan pusat perbelanjaan.

"Oleh karena itu, kami akan mengantisipasi terjadinya kemacetan di dalam Kota Solo, salah satunya mengurangi kepadatan Viaduk Gilingan dengan mengoptimalkan pembukaan Palang Joglo yang saat ini sedang dalam pengerjaan rel layang," katanya.

Selain itu, dibukanya Tol Solo-Klaten diharapkan juga dapat mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo untuk sekadar melintas.

Dia mengatakan beberapa kawasan rawan padat kendaraan di dalam Kota Solo, di antaranya Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Lokananta, Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, kawasan Pasar Gede, kawasan Pasar Klewer, Koridor Gatsu-Ngarsopuro, dan sejumlah pusat belanja modern.

Selain itu, dikatakannya, yang juga menjadi perhatian adalah terbatasnya ruang parkir di beberapa objek wisata di Solo.

Pemkot Surakarta memprediksi akan ada kepadatan 14 juta kendaraan turis/wisatawan yang datang ke Solo pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News