Ganjar Punya 3 Strategi untuk Menurunkan Harga Bahan Pokok

Senin, 18 Desember 2023 – 23:05 WIB
Ganjar Punya 3 Strategi untuk Menurunkan Harga Bahan Pokok - JPNN.com Jateng
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Aristo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Calon Presiden dari nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjelaskan tiga strategi untuk menurunkan harga bahan pokok di pasaran.

Dia telah menerapkan tiga strategi itu saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Ganjar mengatakan bahwa strategi yang pertama adalah data, strategi kedua peta komoditas, dan strategi ketiga berupa penyediaan bantuan sarana produksi pertanian bagi petani.

"Yang pertama kedataan, lahan petani dan petaninya, maka dengan sistem pendataan yang baik atau satu data pertanian Indonesia. Insyaallah akan mempermudah dalam pengelolaan ketahanan sampai kedaulatan pangan kita," katanya saat menghadiri acara Konsolidasi Relawan Pemenangan di Kepil, Kabupaten Wonosobo, Senin (18/12).

Selain itu, lanjut dia, diperlukan peta komoditas Indonesia karena keberagaman komoditas dibutuhkan agar tidak terfokus dalam satu jenis makanan yang diproduksi.

"Maka saya katakan, yuk kembali pada kekuatan lokal, kalau terdata dengan baik input dan output sudah terlihat, baru kita akan bicara kuantitas berapa yang bisa diproduksi sesuai dengan kebutuhan penduduk," ujarnya.

Banjar mengatakan jika produksi pertanian melebihi angka kebutuhan, pemerintah bisa mengekspor ke negara yang membutuhkan.

Strategi ketiga adalah pemerintah harus menyediakan bantuan sarana produksi dan sarana produksi pertanian kepada para petani.

Calon Presiden dari nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjelaskan tiga strategi untuk menurunkan harga bahan pokok di pasaran.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News