Selama Desember 2023, 12 Terduga Teroris Ditangkap di Solo Raya

Jumat, 29 Desember 2023 – 19:38 WIB
Selama Desember 2023, 12 Terduga Teroris Ditangkap di Solo Raya - JPNN.com Jateng
Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng) Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengungkapkan pada akhir tahun ini telah mengamankan belasan terduga teroris di wilayah Solo Raya.

Irjen Luthfi menyatakan, sebanyak 12 terduga teroris itu berhasil diamankan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

"Terkait dengan ideologi, pada Desember ini sudah kami lakukan pengamanan terkait dengan 12 terduga tindak pidana terorisme yang semuanya ini ada di wilayah Solo Raya," katanya dalam rilis akhir tahun di Mapolda Jateng, Jumat (29/12).

Jenderal bintang dua itu mengatakan, belasan terduga teroris tersebut merupakan sel aktif jaringan Jemaah Islamiyah (JI) dan Jemaah Ansharut Daulah (JAD).

Proses penangkapan dilakukan dalam waktu yang berdekatan. Pada Kamis (14/12) sebanyak 10 terduga teroris diamankan dan pada Sabtu (23/12) terdapat dua terduga teroris.

"Ini adalah jaringan JI dan JAD yang satu bulan berhasil kami amankan yang hari ini sudah kami geser ke Jakarta untuk pengembangan dan pendalaman," katanya.

Mengenai peristiwa itu, pihaknya lantas melakukan pengawasan ketat saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Selama Operasi Lilin Candi berlangsung, dia mengatakan berjalan dengan kondusif.

"Kami melakukan antisipasi pada saat malam tahun baru, selain misa juga pesta-pesta," ujarnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengungkapkan pada akhir tahun ini telah mengamankan belasan terduga teroris di wilayah Solo Raya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News