Gibran Rotasi & Mutasi Ratusan ASN Pemkot Surakarta, Ini Alasannya

Jumat, 05 Januari 2024 – 17:05 WIB
Gibran Rotasi & Mutasi Ratusan ASN Pemkot Surakarta, Ini Alasannya - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/1/2024). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Sebanyak 121 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta menjalani rotasi dan mutasi jabatan melalui proses merit sistem.

"Seperti biasa, semua berdasarkan merit sistem," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka seusai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan di Lingkungan Pemkot Surakarta di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (5/1).

Dia mengatakan para pejabat baru tersebut diperoleh dari 'Selektif Si Jawara' atau seleksi terbuka pegawai negeri sipil yang kompeten untuk mengisi kekosongan jabatan di berbagai sektor.

"Pokoknya kami menghitung kemampuan masing-masing calon sebelum ditetapkan," katanya.

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Budi Murtono mengatakan mutasi dan promosi dilakukan untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong.

"Pertimbangan rotasi hari ini karena untuk mengisi jabatan eselon III dan IV kan masih banyak yang kosong. Lebih pada mengambil pegawai yang lolos di seleksi 'Jawara'," tuturnya.

Gibran mengatakan pada seleksi Selektif Si Jawara tersebut, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Surakarta mengadakan seleksi bagi ASN yang ingin meningkatkan karir-nya.

"Dari seleksi itu kami punya stok pegawai yang secara kompetensi kami anggap baik. Itu yang kemarin kami dahulukan itu proses rotasi mutasi," katanya.

Gibran Rakabuming Raka melakukan rotasi dan mutasi jabatan ratusan ASN Pemkot Surakarta. Ini alasan dia.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News