FKUB Jateng Berkomitmen Sebarkan Pesan Damai dalam Pemilu 2024

Senin, 05 Februari 2024 – 17:58 WIB
FKUB Jateng Berkomitmen Sebarkan Pesan Damai dalam Pemilu 2024 - JPNN.com Jateng
ILUSTRASI masyarakat mencelupkan jari ke tinta seusai memberikan hak suara Pemilu. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah (Jateng) memotret Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung kondusif jika masyarakat saling menghargai pilihan masing-masing.

Ketua FKUB Jateng Taslim Sahlan mengatakan selama beberapa waktu terakhir melakukan pertemuan dengan para pegiat toleransi dari pemuka-pemuka agama.

"Kami bersama-sama bertemu menjelang pemilu setidaknya ada tiga kali. Kami mengundang kawan-kawan lintas agama dan kepercayaan," kata Taslim kepada JPNN.com, Senin (5/2).

Upaya tersebut untuk memastikan keberlangsungan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari bisa berjalan dengan damai tanpa memunculkan aksi-aksi intoleran.

"Kebetulan kami tempatkan di Pura Agung Giri Natha Semarang. Kawan-kawan respek terhadap Pemilu, ada ekspektasi supaya berjalan dengan jujur, adil, dan bermartabat," ujarnya.

Dia menjelaskan hasil pertemuan tersebut para tokoh lintas agama dan kepercayaan menyatakan komitmen menyebarkan pesan damai dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Bahwa pilihan-pilihan yang oleh umat agamanya masing-masing cukup dimaklumi gitu saja sehingga ketika nanti ada gesekan-gesekan para pemuka agama berkomitmen untuk jadi perekat," katanya.

"Misalnya ada konflik setidaknya ikut berpartisipasi mendinginkan suasana ketika suhu politik memanas seperti ini," kata Taslim, lagi.

FKUB Jateng memotret Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung kondusif jika masyarakat saling menghargai pilihan masing-masing.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News