Becik-KU, Becak Listrik Inovasi Udinus Semarang Meriahkan Dugderan, Yuk Naik

Senin, 04 Maret 2024 – 14:52 WIB
Becik-KU, Becak Listrik Inovasi Udinus Semarang Meriahkan Dugderan, Yuk Naik - JPNN.com Jateng
Warga Kota Semarang saat menaiki Becik-KU inovasi becak listrik karya mahasiswa dan dosen Udinus di Aloon-aloon Kauman saat Dugderan 2024, Minggu (3/3). Foto: Danang Diska Atmaja/JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ikut memeriahkan Dugderan -tradisi menyambut Ramadan- di Aloon-aloon Kauman dengan memerkan inovasi becak listrik karya mahsiswa dan dosen teknik elektro.

Inovasi tersebut diberi nama Becak Listrik Kampus Universitas Dian Nuswantoro atau disingkat Becik-KU.

Ketua Program Sarjana Teknik Elektro Udinus Semarang M. Ary Heryanto mengatakan Becik-KU dihadirkan di Dugderan bertujuan untuk mengajak masyarakat berkeliling alun-alun dengan menggunakan kendaraan ramah lingkunagan.

"Adanya kendaraan ini juga menjawab ajakan pemerintah untuk beralih dari kendaraan berbasis bahan bakar minyak, menjadi energi terbarukan," ujarnya kepada JPNN.com, Senin (4/3).

Dia mengatakan dengan hadirnya Becik-KU sebagai langkah Udinus dalam memeriahkan acara tahunan yang ada di Kota Semarang itu.

Dia pun tak menyangka bahwa antusiasme dari masyarakat terhadap Becik-KU sangat luar biasa.

“Melalui inovasi ini, kami ingin mengenalkan inovasi dari Udinus dan memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Semarang yang hadir di acara ini. Selain hari Minggu, kami juga akan hadir di Kamis depan dan penutupan Dugderan. Dimulai dari pukul 17.00 sampai 21.00 WIB," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Kuliner Kauman Masjid Agung Semarang Choirul Ihsan mengatakan Dugderan merupakan salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan rasa kegembiraan bagi masyarakat Semarang.

Udinus Semarang ikut memeriahkan Dudgeran 2024 dengan memamerkan Becik-KU, becak listrik karya mahasiswa dan dosen teknik elektro.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News