Pemkot Semarang Klaim Banjir Mulai Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal

Rabu, 20 Maret 2024 – 21:55 WIB
Pemkot Semarang Klaim Banjir Mulai Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal - JPNN.com Jateng
Kondisi jalan di Kecamatan Genuk, Kota Semarang sudah mulai surut. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengklaim banjir di Ibu Kota Jawa Tengah (Jateng) sudah mulai surut. Dalam catatan data Pemkot Semarang, Kecamatan Genuk yang selama beberapa hari dilanda banjir, hanya Kelurahan Trimulyo yang tersisa.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut beberapa titik banjir seperti Gebang Anom, Muktiharjo Lor Gebangsari, dan sejumlah wilayah lainnya sudah surut.

Menurutnya, koordinasi lintas sektor terkait agar penanganan banjir di Kelurahan Trimulyo dimaksimalkan. Beberapa pompa portabel juga sudah dikirim untuk mengendalikan banjir di Kelurahan Trimulyo.

"Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah kering baik di Gebanganom, kan yang kemarin masih ada genangan di Terboyo Wetan, Muktiharjo Lor, Gebang Anom, Gebangsari dan Trimulyo. Ini tinggal Trimulyo saja," ujarnya, Rabu (20/3).

Menurutnya, aktivitas warga pun sudah normal kembali. Pihaknya menyebut telah menggelar rapat koordinasi bersama lurah se-Kecamatan Genuk bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

"Akhirnya saya putuskan tambah mobile pompa dua, dan airnya dilarikan ke Kali Babon. Alhamdulillah hari ini tinggal yang di gang-gang saja," katanya.

Dia mengaku masih merencanakan anggaran untuk menangani peristiwa pasca-banjir. Saat ini proses distribusi bantuan-bantuan yang diperlukan warga terdampak banjir terus berlangsung.

"Saya belum menghitung karena kalau bicara penanganan banjir merambah perbaikan infrastruktur dan lainnya. Kemarin lebih banyak ke dukungan logistik. Saat ini memang masih ada posko banjir, dan saya sudah minta semua direkap dan diadministrasikan," tuturnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengklaim banjir di Ibu Kota Jawa Tengah (Jateng) sudah mulai surut.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News