Kasus DB Meningkat, PMI Solo Kewalahan Penuhi Permintaan Trombosit

Kamis, 28 Maret 2024 – 11:02 WIB
Kasus DB Meningkat, PMI Solo Kewalahan Penuhi Permintaan Trombosit - JPNN.com Jateng
CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto saat diwawancarai di Balai Kota Solo, Kamis (28/3/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Permintaan Thrombocyte Concentrate (TC) di PMI Solo meningkatkan 100 persen dalam 2 minggu terkahir. PMI tak mampu menyetok banyak TC.

CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto mengungkapkan bahwa dalam dua minggu terakhir permintaan Thrombocyte Concentrate (TC) di PMI Solo rata-rata mencapai 100 kantong per hari. 

Maraknya kasus demam berdarah (DB) yang terjadi di sejumlah daerah ditengarai menjadi penyebab meningkatnya permintaan TC.

"Dua minggu ini karena banyak kasus DBD. Sebelumnya sekitar 50-an kantong. 40-50 trombosit. Kalau pas tidak pas demam berdarah, kan, kasusnya tidak banyak sekali," ujarnya saat diwawancarai di Balai Kota Solo, Kamis (28/3).

Sumartono mengatakan sejauh ini, PMI Solo masih mampu memenuhi permintaan yang datang dari wilayah Soloraya, Salatiga hingga Semarang. 

"Masih aman, Sabtu dan Minggu pendonor masih cukup banyak. Saudara kita yang puasa pun ternyata sekarang masih rutin ke PMI," ujarnya. 

Namun demikian, PMI tidak mampu menyimpan banyak stok TC dikarenakan usianya yang hanya 2 hari. 

"Repotnya untuk trombosit ini kami tidak bisa stok banyak karena usianya hanya 2 hari. Tiap hari kami tetap mengajak pendonor ke PMI untuk diambil trombositnya," katanya. 

PMI Solo kewalahan penuhi permintaan trombosit di tengah maraknya kasus demam berdarah (DB)
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News