Menjelang Lebaran, Dinperindag Banyumas Memastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Sabtu, 30 Maret 2024 – 19:04 WIB
Menjelang Lebaran, Dinperindag Banyumas Memastikan Harga Bahan Pokok Stabil - JPNN.com Jateng
Harga sejumlah bahan pokok masyarakat di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dipastikan stabil menjelang Lebaran 2024. Foto: Cuci Hati/JPNN

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Harga sejumlah bahan pokok masyarakat di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dipastikan stabil menjelang Lebaran 2024.

"Dari pantauan kami, harga kebutuhan pokok masyarakat masih relatif stabil, meskipun ada beberapa yang berfluktuasi, tetapi masih terkendali," kata Sekretaris Dinperindag Kabupaten Banyumas Gatot Eko Purwadi, Sabtu (30/3).

Dia mengatakan harga beras kualitas medium saat sekarang menunjukkan adanya penurunan meskipun masih di atas harga acuan atau harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 10.900 per kilogram.

Dalam hal ini, lanjut dia, harga rata-rata beras kualitas medium di Banyumas dalam beberapa hari terakhir masih bertahan pada kisaran Rp 14.750/kg atau jauh di bawah beberapa waktu sebelumnya yang sempat mencapai Rp 17.000/kg.

"Penurunan harga beras kualitas ini dipicu oleh operasi pasar yang rutin kami lakukan melalui kegiatan SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan). Di sisi lain, masa panen juga mulai berlangsung di sejumlah daerah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang cenderung mengalami fluktuasi harga di antaranya telur ayam ras yang sejak Kamis (28/3/2024) turun dari Rp 31.000/kg menjadi Rp 30.500/kg.

"Namun masih di atas harga acuan yang sebesar Rp 27.000/kg," ungkapnya.

Menurut dia, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas minyak goreng curah yang dalam satu pekan terakhir mencapai Rp 17.500 per liter atau melampaui harga acuan yang sebesar Rp 14.250/liter, minyak goreng MinyaKita sebesar Rp 15.250/kg atau di atas harga acuan Rp 14.000/liter.

Harga sejumlah bahan pokok masyarakat di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dipastikan stabil menjelang Lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News