Cuaca Ekstrem Diprediksi Mengintai Jawa Tengah 2 Hari, Berikut Sebarannya

Selasa, 16 April 2024 – 18:06 WIB
Cuaca Ekstrem Diprediksi Mengintai Jawa Tengah 2 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang diprediksi melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada 16-18 April 2024.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan cuaca ekstrem disebabkan karena adanya gangguan atmosfer.

Dia menjelaskan analisis dinamika atmosfer yang terjadi menunjukkan aktivitas gangguan Madden Julian Oscillation (MJO) serta pola belokan angin dan konvergensi terlihat dominan untuk wilayah Pulau Jawa.

"Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan pertumbuhan awan konvektif atau Cumulusnimbus yang berpotensi menghasilkan curah hujan lebat dan angin kencang," katanya, Senin (16/4).

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, dia mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, tanah longsor, dan angin kencang. (antara/jpnn)

Sejumlah wilayah yang terdampak cuaca ekstrem tersebut, antara lain:

Jawa Tengah Bagian Tengah

Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Semarang, Temanggung, serta Kota Salatiga.

Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang diprediksi melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada 16-18 April 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News