Seleksi CASN 2024: Pemprov Jateng Dapat Kuota 265 CPNS dan 4.181 PPPK

Rabu, 08 Mei 2024 – 06:12 WIB
Seleksi CASN 2024: Pemprov Jateng Dapat Kuota 265 CPNS dan 4.181 PPPK - JPNN.com Jateng
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Rahmah Nur Hayati. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kuota calon aparatur negara (CASN) 2024 yang didapat Pemprov Jateng ialah sebanyak 4.446 orang, terdiri atas 265 pegawai negeri sipil dan 4.181 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Rahmah Nur Hayati mengatakan proses rekrutmen masih menunggu petunjuk teknis dari panitia seleksi nasional (panselnas).

Dengan adanya perekrutan CASN tersebut, dia berharap, bisa menambah dan meningkatkan kinerja Pemprov Jateng, sebab mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang tentunya mumpuni.

"Dengan pembukaan seleksi CASN/CPNS harapannya dapat mempercepat kinerja Pemprov Jateng. Dan dengan adanya (formasi) PPPK dapat sedikit menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di Pemprov Jateng," katanya, Selasa (7/5).

Dia mengatakan saat ini jumlah ASN di Pemprov Jateng yang tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) mencapai 48.002 orang dan sekitar 14.349 orang merupakan tenaga non-ASN.

"Sebenarnya, masih terdapat kekurangan pegawai menurut peta jabatan di Pemprov Jateng sejumlah 34.793 orang, mengingat jika dihitung secara ideal jumlah pegawai sebanyak 99.676 orang," ungkapnya.

Mengenai upaya penyelesaian tenaga non-ASN sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)?, ia mengatakan, akan menerapkan sistem NIP (Nomor Induk Pegawai) paruh waktu dan NIP penuh waktu.

"Dari sekitar 14 ribu non-ASN yang terdata, kebijakannya nanti yang lolos PPPK (rekrutmen 2024) akan mendapat NIP penuh, sisanya NIP paruh waktu. Pada masanya ada yang pensiun, nanti akan menggantikan sehingga akan maju," katanya.

Sebegini jumlah kuota calon aparatur negara (CASN) 2024 yang didapat Pemprov Jateng.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia