Dispora Surakarta Dapat Alokasi Dana Hibah UEA, Sebegini Jumlahnya

Selasa, 21 Mei 2024 – 15:40 WIB
Dispora Surakarta Dapat Alokasi Dana Hibah UEA, Sebegini Jumlahnya - JPNN.com Jateng
GOR Indoor Manahan Solo, Selasa (21/5/2024). Ilustrasi Foto: Romensy Augustino/Jpnn.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta telah mendapat alokasi dari dana hibah Pemerintah UEA (Uni Emirat Arab) untuk Kota Solo sebesar Rp 55,1 miliar.

Dana tersebut akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan GOR Indoor Manahan, Bumi Perkemahan Jurug dan Kolam Renang Tirtomoyo. 

Kadispora Surakarta Rini Kusumandari mengungkapkan khusus pembangunan GOR Indoor Manahan anggaran mencapai Rp 49 Miliar.

Anggaran tersebut, kata dia, akan dikurangi konsultan pengawas dan rencana, sehingga anggaran untuk pekerjaan sekitar lebih dari Rp 48 miliar. 

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan lantai, pemasangan videotron, pemasang instalasi sound system, pemasangan lift, hidran, dan AC. 

"Kalau yang untuk lelang DED sudah selesai. Videotron, AC dan sound system impor," ujarnya, Selasa (21/5).

Rini mengatakan, tahapan pembangunan saat ini masuk review Rencana Anggaran Bangunan (RAB) dari inspektorat. Ditargetkan proses lelang selesai pada Juni 2024. 

Hal tersebut untuk mengejar target 100 persen pada Desember 2024. 

"Masuk Juni 2024 nanti harus sudah dilelang. Harus tahun ini selesai dan dibatasi sampai Desember," jelas dia.

Selain itu, Dispora juga akan membangun sejumlah fasilitas di Bumi Perkemahan Jurug, Jalan Agung Timur X, Mojosongo, Jebres dengan total anggaran mencari Rp 3,6 miliar. 

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pavingisasi, pembangunan pendhopo, membuat sign in nama dan toilet. 

Rini menambahkan pihaknya juga akan melakukan revitalisasi Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan, dengan anggaran Rp 2,5 Miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk perbaikan lantai, dan drainase kolam renang prestasi, loncat indah pemanasan dan anak.

"Sementara hanya itu yang cukup. Semoga dapat uang lagi," tutur dia. 

Sekadar informasi, Pemkot Surakarta menerima dana hibah dari UEA sebesar USD 15 juta (setara Rp 236 miliar) yang saat ini telah diterima oleh Kementerian Dalam Negeri. Dana itu akan digunakan untuk sejumlah proyek infrastruktur di Kota Solo. (mcr21/jpnn)

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta telah mendapat alokasi dari dana hibah UEA untuk Kota Solo sebesar Rp 55,1 miliar.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News