Zakat Jadi Upaya Pengentasan Kemiskinan & Stunting, Baznas: Jateng Contoh Nyata

Kamis, 27 Juni 2024 – 17:26 WIB
Zakat Jadi Upaya Pengentasan Kemiskinan & Stunting, Baznas: Jateng Contoh Nyata - JPNN.com Jateng
Plt Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Baznas Eka Budhi Sulistyo (kiri), dan Ketua Baznas Jateng Ahmad Darodji. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan komitmen mengentaskan kemiskinan dan stunting. Jawa Tengah dinilai menjadi provinsi yang berjalan baik dalam pengentasan dua problem itu.

Pemberdayaan program Zakat Community Development (ZCD) kepada kelompok tani Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) menjadi bagian di antaranya.

Plt Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Baznas Eka Budhi Sulistyo mengatakan kolaborasi dengan daerah penting untuk memastikan program ZCD berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Jawa Tengah sudah baik sekali, contoh nyata bagaimana kerja sama dapat memperkuat dampak positif dari program-program zakat," ujar Eka, dalam Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Semarang, Kamis (27/6).

Menurutnya, penyaluran pemberdayaan program ZCD menjadi wujud nyata pengoptimalan potensi zakat untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik.

"Suatu bagian dari pengembangan pengelolaan zakat dan tentunya ini menjadi salah satu cara bahwa zakat bisa mengentaskan kemiskinan dan stunting," ujar Eka.

Program ZCD yang diluncurkan Baznas bertujuan untuk memberdayakan komunitas melalui zakat.

Termasuk memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan guna meningkatkan taraf hidup mustahik. Seperti halnya, peralatan usaha, modal kerja, serta pelatihan kewirausahaan untuk sejumlah kelompok UMKM.

Upaya Baznas menjadikan zakat sebagai jalan pengentasan kemiskinan & stunting. Di Jateng menjadi contoh nyata.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News