Bersama UNS Solo, BRI Beri Pendampingan kepada 15 Desa di Indonesia

Kamis, 18 Juli 2024 – 00:00 WIB
Bersama UNS Solo, BRI Beri Pendampingan kepada 15 Desa di Indonesia - JPNN.com Jateng
Pendampingan desa yang dilkukan oleh BRI. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - 15 desa di Indonesia memperoleh pendampingan New Desa BRILiaN Batch 1 2024 di tahap empowerment. Desa-desa tersebut merupaka hasil seleksi dari 40 desa terbaik yang diikuti 473 peserta pelatihan online.

Ke-15 Desa tersebut antara lain Desa Batuah Provinsi Kalimantan Timur, Desa Empang Baru dan Wonosari Provinsi Riau, Desa Karang Pucung dan Sri Bawono Provinsi Lampung.

Kemudian Desa Simpang Sugiran dan Agam Provinsi Sumatera Barat, Desa Marihat Pondok dan Partungko Naginjang Provinsi Sumatera Utara, Desa Cipta Praja Provinsi Sumatera Selatan, Desa Serdang Provinsi Bangka Belitung, Desa Panincong Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Tompo Bulu Provinsi Sulawesi Barat, Desa Sungai Rasau Provinsi Kalimantan Selatan, serta Desa Rutong Provinsi Maluku Timur.

Pemberian pendampingan dilakukan kepada perangkat desa dan pengurus BUMDesa untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan Desa dan BUMDesa.

Bersama UNS Solo, BRI menerjunkan akademisi, expert dan tim ecosystem dari Kantor Regional Office untuk memberikan pendampingan intensif.

Pendampingan ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi kemajuan dalam tata kelola desa dan BUMDesa.

Fokus pendampingan pada kegiatan pemberdayaan desa seperti workshop, diskusi, praktik, dan eksplorasi potensi desa dan UMKM dalam pengembangan potensi ekonomi yang dibutuhkan desa.

Fokus utama pendampingan diarahkan pada aspek perencanaan pembangunan desa, perencanaan dan pelaporan keuangan desa, pengembangan inovasi dan digitalisasi desa, penyusunan bisnis model, penyusunan laporan keuangan, tata administrasi dan strategi marketing dan kemitraan BUMDesa dengan pihak ketiga.

15 desa di Indonesia memperoleh pendampingan New Desa BRILiaN Batch 1 2024 di tahap empowerment.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News