Siaga Kekeringan & Karhutla, 30 Daerah di Jawa Tengah Tetapkan Status Darurat Bencana

Selasa, 23 Juli 2024 – 21:34 WIB
Siaga Kekeringan & Karhutla, 30 Daerah di Jawa Tengah Tetapkan Status Darurat Bencana - JPNN.com Jateng
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, didampingi Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana (kiri), usai Rapat Koordinasi Penanganan Siaga Darurat Kekeringan di Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (23/7/2024). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan sebanyak 30 kabupaten/kota di Jawa Tengah telah menetapkan status tanggap darurat bencana.

Penetapan status tersebut merupakan langkah untuk siaga bencana kekeringan dan kebakaran hutan atau lahan.

"Kami berkumpul dengan seluruh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di Jateng. Per hari ini sudah ada 30 kabupaten/kota se-Jateng yang menetapkan status siaga darurat untuk menghadapi bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan," katanya, di Semarang, Selasa (23/7).

Dia mengatakan beberapa daerah di Jateng yang rawan bencana kekeringan, di antaranya Kabupaten Wonogiri, Klaten, dan Cilacap.

Namun, lanjut dia, pemerintah daerah setempat bersama BPBD telah menyiapkan beberapa solusi, seperti pendistribusian air bersih, antara lain di Wonogiri dan Klaten.

"BNPB pun akan membantu untuk pendistribusian air hingga ke masyarakat," katanya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada minggu ketiga di bulan Juli 2024 curah hujan di Provinsi Jateng hanya 50 milimeter sehingga Jateng sudah akan masuk musim kemarau.

"Kendati demikian prediksi BMKG kemarau 2024 tidak akan sebesar pada 2023. Karena di 2023 ada El Nino, di 2024 tidak ada El Nino," imbuhnya.

30 kabupaten/kota di Jawa Tengah telah menetapkan status tanggap darurat bencana, salah satunya terkait siaga bencana kekeringan dan karhutla.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia