4 Desa di Banyumas Mengalami Kekeringan

Rabu, 24 Juli 2024 – 11:45 WIB
4 Desa di Banyumas Mengalami Kekeringan - JPNN.com Jateng
Petugas BPBD Kabupaten Banyumas menyalurkan bantuan air bersih di salah satu rumah warga Desa Gerduren RT 3 RW 8, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (22/7/2024). ANTARA/HO-BPBD Banyumas

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Puncak kemarau 2024 mengakibatkan empat desa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mengalami kekeringan.

"Hingga saat ini sudah ada empat desa di empat kecamatan yang terdampak kekeringan. Satu desa yang baru terdampak kekeringan, yakni Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho di Purwokerto, Banyumas, Rabu (24/7).

Tiga desa lainnya, kata dia, yakni Desa Kamulyan di Kecamatan Tambak, Desa Randegan di Kecamatan Wangon, dan Desa Kediri di Kecamatan Karanglewas.

Terkait dengan hal itu, pihaknya pada Senin (22/7) telah menyalurkan bantuan air bersih satu tangki berkapasitas 5.000 liter untuk 68 keluarga yang terdiri atas 140 jiwa di Desa Gerduren RT 3 RW 8, Kecamatan Purwojati.

"Pada hari yang sama, kami juga menyalurkan bantuan air bersih sebanyak satu tangki berkapasitas 5.000 liter untuk 70 keluarga yang terdiri atas 300 jiwa di Desa Kediri RT 4 RW 6, Kecamatan Karanglewas," katanya.

Selain untuk warga terdampak kekeringan di empat desa tersebut, pihaknya juga menyalurkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan RSUD Banyumas.

Dengan demikian, ujar dia, hingga saat ini BPBD Kabupaten Banyumas telah menyalurkan bantuan air bersih 17 tangki atau setara dengan 85.000 liter, termasuk untuk RSUD Banyumas.

"Sementara jumlah warga di empat desa yang terdampak kekeringan sebanyak 1.049 keluarga yang terdiri atas 3.419 jiwa," katanya.

Puncak kemarau 2024 mengakibatkan empat desa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mengalami kekeringan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia