Polresta Surakarta Menggelar Latihan Pengamanan Pilkada 2024

Rabu, 14 Agustus 2024 – 11:56 WIB
Polresta Surakarta Menggelar Latihan Pengamanan Pilkada 2024 - JPNN.com Jateng
Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menggelar latihan sistem pengamanan (sispam) di Halaman Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) pagi mulai pukul 07.30 WIB. Foto: Humas Polresta Surakarta

jateng.jpnn.com, SOLO - Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menggelar latihan sistem pengamanan (sispam) di Halaman Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) pagi mulai pukul 07.30 WIB.

Latihan digelar untuk mengukur kemampuan personel dan sejumlah kendaraan yang akan digunakan untuk mengamankan jalannya Pilkada dan Pilgub serentak 2024 pada September.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengungkapkan bahwa latihan Sispam Kota adalah bagian dari kesiapan pihaknya menyongsong Pilkada 2024.

Kegiatan ini juga untuk mengukur kemampuan personel dan sejumlah peralatan pengamanan saat eskalasi meningkat dan mengancam Kamtibmas.

"Jika ada eskalasi yang meningkat dari Kamtibmas kami bisa mengukur kemampuan personel sekaligus kami memelihara kemampuan personel untuk bisa melaksanakan sistem pengamanan," jelas dia.

Dalam latihan itu, Polresta Surakarta mensimulasikan setiap kondisi dan respons yang harus dilakukan petugas.

Kapolresta menjelaskan pihaknya akan mengerahkan petugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Penanganan gangguan Kamtibmas dimulai dengan metode negosiator, pengerahan kekuatan Polri, hingga penangkapan perusuh.

"Kami mengerahkan sesuai dengan standar operasional prosedur. Dimulai dari negosiator sampai pengerahan kekuatan Polri yang ditujukkan untuk mengantisipasi tidak meluasnya kerusuhan atau diakhiri dengan pengamanan dan penangkapan yang diduga sebagai perusuh," kata dia.

Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menggelar latihan sistem pengamanan (sispam) di Halaman Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) pagi mulai pukul 07.30 WIB.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News