Unwahas Semarang-Unisnu Jepara Berkolaborasi Ciptakan Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SD

Rabu, 11 September 2024 – 13:38 WIB
Unwahas Semarang-Unisnu Jepara Berkolaborasi Ciptakan Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa SD - JPNN.com Jateng
Unwahas Semarang melaksanakan penelitian kolaborasi dengan Unisnu Jepara dalam pengembangan interactive english story book berbasis digital untuk meningkatkan personalized learning siswa SD. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dosen Bahasa Inggris Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang berkolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara dalam penelitian untuk menciptakan solusi inovatif dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD).

Penelitian kolaboratif ini berjudul Pengembangan Interactive English Story Book Berbasis Digital untuk Meningkatkan Personalized Learning Siswa SD.

Dosen Bahas Inggris sekaligus Kepala UPT Bahasa Unwahas Semarang Ulya Himawati mengatakan penelitian ini fokus pada pengembangan buku cerita interaktif berbasis digital yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan lebih personal.

"Buku ini akan memanfaatkan teknologi digital untuk menyediakan konten yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing siswa, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif," ujarnya kepada JPNN.com pada Rabu (11/9).

Ulya yang juga sebagai ketua tim peneliti itu menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar dengan menciptakan materi yang lebih menarik dan adaptif.

"Buku cerita interaktif berbasis digital ini diharapkan dapat membuat proses belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa, yang pada gilirannya akan mendukung pembelajaran yang lebih personal dan efektif," ujarnya.

Buku cerita ini, kata dia, dirancang untuk menyediakan fitur-fitur seperti audio interaktif, animasi, dan kuis yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, sehingga dapat memenuhi berbagai gaya dan kebutuhan belajar.

Dengan pendekatan ini, lanjut dia, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menguasai bahasa Inggris.

Unwahas Semarang melaksanakan penelitian kolaborasi dengan Unisnu Jepara dalam pengembangan interactive english story book berbasis digital untuk siswa SD.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News