Pendaftaran CPNS di Solo: Satu Formasi Tak Ada yang Melamar

Kamis, 12 September 2024 – 14:26 WIB
Pendaftaran CPNS di Solo: Satu Formasi Tak Ada yang Melamar - JPNN.com Jateng
Ilustrasi seleksi CPNS 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo resmi ditutup Selasa (10/9). Berdasarkan data yang tersimpan, jumlah pendaftar tahun ini tidak sesuai dengan harapan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Surakarta Dwi Ariyatno mengungkapkan bahwa hingga penutupan pendaftaran CPNS kemarin total ada 7.345 orang yang mendaftar. Namun, hanya 7.024 orang saja yang merampungkan keseluruhan proses pendaftaran alias menyelesaikan hingga proses submit.

Jumlah ini jauh dari harapan pemerintah kota mengingat pendaftar CPNS sebelumnya jauh lebih masif daripada tahun ini.

“Kalau secara jumlah memang cenderung turun dari sebelumnya. Bisa dibilang ini belum proporsional seperti yang kami harapkan,” terang dia.

Dari 250 formasi CPNS yang dibuka tahun ini, ada satu formasi khusus yang sampai dengan penutupan pendaftaran belum ada peminatnya.

Formasi tersebut adalah formasi untuk penyandang disabilitas dengan posisi pekerja sosial di Dinas Sosial Kota Surakarta.

Sementara untuk formasi umum, seperti fasilitator di kelurahan itu peminatnya sedikit dengan rata-rata di bawah enam pendaftar. Ini berbanding terbalik dengan formasi yang ada di dinas induk dengan pendaftar berada di antara 10-100 orang.

“Nanti pendaftar dengan standar yang sama di formasi lain kalau memang memenuhi passing grade nanti bisa dioptimalisasi dan ditempatkan di formasi yang masih kosong ini. Ini juga berlaku sama untuk formasi yang minim peminat itu,” kata dia.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo resmi ditutup Selasa (10/9).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News