Bawaslu-Jaladara Institute Ajak Mahasiswa Kudus Jadi Pengawas Partisipatif

Jumat, 13 September 2024 – 11:15 WIB
Bawaslu-Jaladara Institute Ajak Mahasiswa Kudus Jadi Pengawas Partisipatif - JPNN.com Jateng
Bawaslu Kabupaten Kudus berkolaborasi dengan Jaladara Institute mengadakan sosialisai pengawas partisipatif di Café Joglo Maqho Kudus, Kamis (12/9/2024) malam. Foto: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, KUDUS - Bawaslu Kabupaten Kudus berkolaborasi dengan Jaladara Institute menggalakkan strategi pencegahan serta peningkatan peran serta masyarakat melalui pengawasan partisipatif.

Bawaslu dan Jaladara mengajak aktivis mahasiswa di Kudus menjadi kader penggerak dan penggawas partisipasif pada Pemilihan Serentak 2024. 

Peneliti dan bidang Hukum dari Jaladara Institute, Husnul Mudhom mengatakan, kader penggerak dan penggawas Partisipatif bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat, terutama di tingkat pedesaan. 

Dalam pengawasan Pilkada ini, kata dia, dilakukan dengan memberikan pendidikan politik, kepemiluan, dan kelembagaan pengawas kepada masyarakat. 

"Tujuannya adalah menciptakan kader dan tokoh penggerak pengawasan yang memiliki pemahaman mendalam mengenai model dan metode pengawasan yang efektif dan sistematis," katanya, Kamis (12/9/2024) malam. 

Menurutnya, partisipasi masyarakat secara ideal adalah keikutsertaan masyarakat dalam menentukan kebijakan pemerintah yaitu bagian dari kontrol Masyarakat terhadap pemerintah. 

Dia mengatakan kerja-kerja Bawaslu tidak bisa berjalan sendiri, butuh sinergitas dan kolaborasi strategis yang baik dari semua pihak dan pemangku kepentingan. 

"Mengingat makin dekatnya waktu pesta demokrasi lima tahunan, demi upaya menciptakan lingkungan yang kondusif dalam penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2024 yang berkualitas dan berintegritas," ujarnya. 

Bawaslu Kabupaten Kudus berkolaborasi dengan Jaladara Institute menggalakkan strategi pencegahan serta peningkatan peran serta masyarakat melalui pengawasan par
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News