Pemkot Surakarta Meresmikan Bangunan Baru Pasar Joglo

Selasa, 24 September 2024 – 13:00 WIB
Pemkot Surakarta Meresmikan Bangunan Baru Pasar Joglo - JPNN.com Jateng
Lokasi bangunan baru Pasar Joglo di Jalan Gunung Slamet, Banjarsari, Jebres, Solo, Selasa (24/9/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta meresmikan bangunan baru Pasar Joglo yang bertempat di Jalan Gunung Slamet, Banjarsari, Jebres, Solo pada Selasa (24/9). Total anggaran APBD yang digunakan membangun pasar tersebut ditaksir mencapai Rp 5,7 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Agus Santoso mengungkapkan bahwa bangunan baru Pasar Joglo terdiri dari 3 lantai dengan total 28 kios, 61 los dan 13 oprokan. 

Selain itu, juga dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti ruang pelengkap pasar, ruang paguyuban, ruang AC, musala dan toilet. 

"Penataan pedagang sudah diterapkan dengan sistem zonasi jenis dagangannya," beber Agus.

Pasar Joglo semula berada di simpang perlintasan kereta api Joglo dengan luas 1.005 meter persegi. Adanya pembangunan underpass, Pasar Joglo terdampak, sehingga Pemkot Surakarta memindahkannya ke Jalan Gunung Slamet.

Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan jika proses pembangunan sudah dilakukan sejak awal 2023 atau semenjak Pemkot Surakarta mendapatkan kabar jika tanah lokasi Pasar Joglo lama terkena proyek pembangunan underpass.

Teguh pun meminta agar para pedagang yang mendapat jatah di Pasar Joglo tidak berbuat curang dengan menjual ke orang lain. Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah meminta uang kepada para pedagang yang masuk ke bangunan pasar baru. 

"Dulu Surat Hak Pakai (SHP) tidak diplakat seperti itu, masak besok sudah dijual ke pedagang lain, janganlah. Tidak ada sejarahnya pedagang masuk pasar baru ditarik uang," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta meresmikan bangunan baru Pasar Joglo yang bertempat di Jalan Gunung Slamet, Banjarsari, Jebres, Solo, Selasa (24/9).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News