Pelatihan Sapta Pesona di Desa Penuktukan Buleleng: Pemberdayaan Masyarakat melalui Wisata Berkelanjutan

Jumat, 27 September 2024 – 22:00 WIB
Pelatihan Sapta Pesona di Desa Penuktukan Buleleng: Pemberdayaan Masyarakat melalui Wisata Berkelanjutan - JPNN.com Jateng
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Pelatihan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, BULELENG - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) berkomitmen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Pelatihan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Buleleng. 

Kegiatan yang berlangsung pada 21 Juli 2024 ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam pengelolaan wisata berkelanjutan dengan penerapan prinsip-prinsip Sapta Pesona.

Kegiatan pelatihan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) melalui LPPM Undiksha.

Program ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pelaku UMKM lokal yang terlibat aktif dalam pengelolaan destinasi wisata di Desa Penuktukan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari anggota pokdarwis, perangkat desa, karang taruna, serta masyarakat yang berkecimpung dalam industri pariwisata dan UMKM lokal. 

Narasumber pelatihan Riki Ponga Kusyanda menyampaikan materi tentang Sapta Pesona yang mencakup tujuh unsur penting dalam pengelolaan wisata, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan.

“Peserta dilatih untuk memahami pentingnya menjaga keamanan, kebersihan, dan keramahan dalam menghadapi wisatawan,” kata sosok yang merupakan pakar pariwisata dengan pengalaman membina desa wisata di Bali.

Undiksha melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) berkomitmen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News