Bawaslu Gerebek Pertemuan Rahasia Kades se-Jateng di Hotel Semarang

Jumat, 25 Oktober 2024 – 08:36 WIB
Bawaslu Gerebek Pertemuan Rahasia Kades se-Jateng di Hotel Semarang - JPNN.com Jateng
Tim Bawaslu Kota Semarang saat mendatangi tempat yang diduga menjadi lokasi mobilisasi kepala desa untuk memilih salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, di Semarang, Rabu (23/10/2024). (ANTARA/HO-Bawaslu Kota Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang melakukan penelusuran atas dugaan mobilisasi dukungan politik dalam sebuah pertemuan kepala desa (kades) se-Jawa Tengah yang diadakan pada Rabu (23/10) malam di sebuah hotel di Kota Semarang.

Pertemuan tersebut dicurigai bertujuan untuk mendukung salah satu pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman mengatakan imnya telah dua kali menemukan kegiatan pertemuan para kades yang terjadi di wilayahnya.

Pada pekan lalu, tepatnya tanggal 17 Oktober 2024 ada pertemuan yang berlangsung di wilayah Semarang Barat dengan peserta kurang lebih 200 kades se-Kabupaten Kendal.

Kemudian, kata dia, pada Rabu (23/10), Bawaslu Jateng juga menemukan adanya pertemuan kades se-Jateng di salah satu hotel bintang lima di kawasan Semarang Tengah.

"Informasi awal tersebut berkaitan dengan dugaan adanya mobilisasi kepala desa dari berbagai daerah di Jateng untuk mendukung salah satu pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024," katanya.

Dugaan tersebut, kata dia, diperkuat dengan adanya reaksi peserta yang langsung membubarkan diri atas kehadiran Bawaslu Kota Semarang.

Saat itu, dia mengatakan tim Bawaslu Kota Semarang yang berjumlah 11 personel menuju lokasi untuk melakukan penelusuran dan pengawasan secara langsung.

Bawaslu Kota Semarang melakukan penelusuran atas dugaan mobilisasi dukungan politik dalam sebuah pertemuan kepala desa (kades) se-Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News