Fenomena Ramadan: Warga Solo Ramai Gadaikan Emas hingga Motor

Jumat, 08 April 2022 – 23:53 WIB
Fenomena Ramadan: Warga Solo Ramai Gadaikan Emas hingga Motor - JPNN.com Jateng
Salah satu warga sedang melakukan transaksi di Kantor Cabang Pegadaian Gading Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/4/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Aktivitas Pegadaian Cabang Gading, Solo, Jawa Tengah, menjadi lebih sibuk di awal Ramadan 2022.

Warga Solo banyak yang menggadaikan harga benda yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan akan uang tunai.

Pimpinan Cabang PT Pegadaian Gading Tri Bambang Sulistyo mengatakan ada peningkatan sebesar 4,97 persen untuk transaksi gadai di bulan puasa dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kalau secara keseluruhan, saat ini realisasi outstanding loan di Pegadaian Cabang Gading mencapai Rp50 miliar dari target penyaluran Rp 59 miliar pada tahun ini," katanya, Jumat (8/4).

Dia mengatakan dari total realisasi ini 80 persen di antaranya berasal dari gadai emas, sedangkan sisanya peralatan lain seperti elektronik dan kendaraan bermotor.

"Ada laptop maupun HP, tetapi kebanyakan masih gadai emas," katanya.

Kendati demikian, dikatakannya, menjelang Lebaran sebagian dari nasabah akan melakukan penebusan untuk barang yang digadaikan.

"Sebagian kecil ditebus, setelah mereka dapat THR (tunjangan hari raya). Perkiraan saya dari Rp 50 miliar ini, Rp 3,5 miliar di antaranya akan ditebus sebelum Lebaran," katanya.

Pada awal Ramadan, warga Solo berbondong menggadaikan harta berupa emas hingga motor untuk memenuhi kebutuhan akan uang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News