Inilah Langkah Jitu Menghalau Hepatitis Akut Misterius, Simak

Senin, 09 Mei 2022 – 09:22 WIB
 Inilah Langkah Jitu Menghalau Hepatitis Akut Misterius, Simak - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar. FOTO: Instagram @dinkesjateng_prov

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah (Kadinkes Jateng) Yunita Dyah Suminar menyebut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan masyarakat menghalau penularan hepatitis akut misterius.

Yunita menyatakan sosialisasi dan edukasi terus digencarkan untuk mencegah masuknya penyakit tersebut ke wilayah Jawa Tengah. Baik bertemu langsung masyarakat, maupun melalui media sosial.

"Kami terus gencarkan edukasi ke masyarakat, juga surat edaran terkait kewaspadaan terhadap hepatitis akut," terangnya saat dikonfirmasi JPNN.com Jateng, Minggu (8/5).

Pihaknya meminta masyarakat mengenali tanda-tanda awal penyakit tersebut mulai menyerang tubuh. Gejala hepatitis akut yang ditimbulkan yaitu diare, mual, muntah, sakit perut dengan disertai demam.

Jika ada gejala tersebut masyarakat diminta untuk segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat, dapat puskesmas ataupun rumah sakit.

"Jangan tunggu sampai muncul gejala mata dan kulit menguning agar tidak terlambat ditangani," tuturnya.

Apabila tidak segera ditangani, akan timbul gangguan air seni menguning pekat menyerupai teh dan feses pucat. Termasuk pembekuan darah, kejang, dan dapat penurunan kesadaran.

Pihaknya belum bisa menjelaskan penyebab di balik hepatitis akut tersebut bisa. Meskipun demikian, penyakit yang menyerang organ hati misterius itu bukan muncul karena virus dari hepatitis, A, B, C, D, dan E.

Kadinkes Jateng Yunita Dyah Suminar membeberkan langkah jitu menghalau penyakit hepatitis akut misterius. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News