PMK Menyebar, Ganjar Siapkan Bantuan untuk Daerah

Selasa, 17 Mei 2022 – 18:00 WIB
PMK Menyebar, Ganjar Siapkan Bantuan untuk Daerah - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau Kelompok Ternak Muda Mandiri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (17/5). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal menyalurkan bantuan ke daerah-daerah yang terdeteksi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bantuan yang diberikan mulai dari pendampingan pada peternak hingga obat-obatan.

"Semua, sekarang kami minta untuk siaga, tidak perlu panik, karena alhamdulillah masih terkendali. Namun, kita tidak boleh lengah," kata Ganjar saat meninjau Kelompok Ternak Muda Mandiri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Selasa (17/5).

Ganjar menyebut sejumlah dokter hewan telah turun tangan mendampingi dan mensosialisasikan bahwa PMK bisa disembuhkan.

"Bisa diobati dan ini ada beberapa vitamin, antibiotik yang nanti disuntikkan ke mereka terus kemudian ada juga yang spray untuk luka biasanya di kukunya," sebut Ganjar.

Pendampingan tersebut juga dilakukan secara horizontal melalui dinas terkait yang memantau secara rutin perkembangan penyakit.

"Tugas kami mendampingi itu surveilans-nya jalan dan kami yang bekerja sama untuk ambil kebijakan dengan pusat riset termasuk kemungkinan vaksinasi. Kalau nanti ada kami siapkan," ucapnya.

Instruksi setiap daerah untuk intensif memantau PMK terus digaungkan oleh Ganjar. Dia menekankan bupati dan wali kota turun langsung mengecek keadaan di daerahnya.

Ganjar menyebut Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal menyalurkan bantuan ke daerah-daerah yang terdeteksi PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News