Imbas Rob di Semarang, Eksportir & Importir Rugi Ratusan Miliar

Rabu, 01 Juni 2022 – 10:06 WIB
Imbas Rob di Semarang, Eksportir & Importir Rugi Ratusan Miliar - JPNN.com Jateng
Aktivitas truk trailer pengangkut kontainer di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Nilai kerugian ekspor maupun impor akibat banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, menyentuh ratusan miliar.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin mengatakan pemulihan arus logistik terus dikejar dengan memaksimalkan pelayanan 24/7 atau 24 jam selama seminggu nonstop. Termasuk saat hari libur nasional, Hari Lahir Pancasila (1/7).

"Kami mengerahkan kekuatan 100 persen, dengan 24/7 ini bisa mengatasi outstanding yang ada," kata Anton dalam keterangannya, Selasa (31/5) malam.

Upaya tersebut untuk menekan kerugian dan imbas beban yang harus ditanggung oleh pelaku usaha, baik importir maupun eksportir.

"Kami berharap dapat memitigasi kerugian dan dampak yang berakibat pada eksportir dan importir," tuturnya.

Sebanyak 713 kontainer tertunda pengiriman. Padahal, kata dia, 83 persen di antaranya sudah melakukan submit dokumen kepabeanan dengan total nilai barang sekitar 41 juta US dollar atau setara Rp 615 miliar.

Sebagian besar barang impor yang terdampak yaitu komoditi bahan baku yang digunakan untuk industri makanan, yakni kedelai, kacang tanah, dan pakan ternak.

Sementara itu, untuk barang ekspor, yaitu furniture, kayu semi olahan, garmen, dan aksesorisnya, sepatu dan alas kaki, daging ikan, serta pangan olahan.

Nilai kerugian ekspor maupun impor dampak banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah menyentuh ratusan miliar rupiah dari jumlah 713 kontainer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News