Ganjar Menjawab PR dari Pak Luhut: Kalau Kita Bersemangat, Pasti Bisa

Minggu, 05 Juni 2022 – 15:48 WIB
Ganjar Menjawab PR dari Pak Luhut: Kalau Kita Bersemangat, Pasti Bisa - JPNN.com Jateng
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meresmikan Kawasan Borobudur menjadi destinasi wisata ramah lingkungan dan berkelanjutan. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) soal transportasi massal ramah lingkungan di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, sebagaimana arahan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu menargetkan pada tahun depan kendaraan berbahan bakar mesin akan beralih ke listrik bisa terealisasi sepenuhnya di kawasan Candi Borobudur.

"Kalau kita semangat, pasti bisa. Mungkin yang belum ditaruh di luar, sementara yang di dalam sudah pakai kendaraan listrik," kata Ganjar seusai bersama Luhut Binsar meresmikan kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata ramah lingkungan dan berkelanjutan, Sabtu (4/6).

Ganjar dan Luhut Binsar bersama Bupati Magelang Zaenal Arifin juga berkeliling mengecek sarana dan prasarana dengan menjajal bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (INKA). “Tadi PT INKA sudah memberikan contoh bagus, ada bus listrik. Dari ojek online juga sudah memberikan contoh mengantar wisatawan pakai motor listrik," terangnya.

Ganjar menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh penetapan kawasan Borobudur menjadi destinasi wisata superprioritas oleh pemerintah pusat.  "Tugas saya terakhir bersama Pak Bupati, teman-teman TWC dan pemangku kepentingan lain di Borobudur adalah meng-create event," ungkap politikus PDI Perjuangan itu.

Dalam waktu dekat, kata Ganjar, Borobudur Maraton akan dilaksanakan dengan meriah ketimbang dua tahun lalu. Ganjar menyebut jumlah peserta akan lebih banyak mengingat pandemi Covid-19 sudah melandai.

“Nah, saat event-event seperti itu, kami terus membawa isu green energy. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kampanye untuk orientasi yang ramah lingkungan," paparnya.

Lebih lanjut Ganjar menyatakan kesiapannya mendukung program pemerintah sebagai upaya pemulihan ekonomi, termasuk akan meningkatkan sejumlah fasilitas sebagaimana yang tengah dikerjakan.

Ganjar Pranowo bakal menyelesaikan PR dari Luhut Binsar terkait transportasi massal ramah lingkungan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News